3 Hook ini Bisa Jadi Strategi Marketing Efektif, Buat Tingkatkan Engagement di Bulan Ramadan!

3 jenis headline hook

Bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah, termasuk untuk pelaku bisnis. Bulan ini memberikan banyak peluang bagi pelaku bisnis untuk berinteraksi dengan audiens, tidak hanya interaksi secara langsung. Namun, juga interaksi melalui media sosial. 

Nah, inilah momen yang harus dimanfaatkan dengan baik!

Lantas, bagaimana cara membuat konten yang tidak hanya relevan tetapi juga menarik?

Salah satu kuncinya adalah menggunakan jenis hook yang bisa memikat perhatian secara instan. Neil Patel, seorang pakar marketing digital, mengatakan kalau headline yang menggunakan hook dapat meningkatkan click-through rate (CTR) hingga 50%. 

Kamu harus tahu! Headline yang baik itu bisa buat audiens merasa curiosity & shock ketika membaca headline dari kontenmu dan langsung melihat, selanjutnya adalah satisfaction ketika audiens melihat kontenmu, dia merasa puas. 

Oleh karena itu, headline yang tepat tidak hanya mengundang audiens untuk membaca ataupun menonton kontenmu lebih lanjut, tetapi juga memberikan nilai tambah pada konten yang disajikan.

Nah, biar kontenmu menarik dan banyak pengunjung di bulan Ramadan, kamu harus tahu 3 jenis hook berikut: 

  1. Intriguing Hook: Memancing Rasa Penasaran

Headline yang menimbulkan rasa penasaran dapat menjadi daya tarik kuat. Misalnya:

“Rahasia Tersembunyi! Kamu harus tahu hal ini biar Ramadanmu penuh berkah!” 

Ini dapat merangsang rasa ingin tahu audiens tentang aspek-aspek menarik yang mungkin belum mereka ketahui sebelumnya. 

  1. Emotional Hook: Menyentuh hati

Emotional hook adalah strategi penulisan yang bertujuan untuk membangkitkan emosi pembaca sehingga mereka terhubung secara emosional dengan konten yang disajikan, misalnya: 

“Sebuah Kisah Perjuangan Seorang Anak Yatim: Menembus Mimpi di Bulan Ramadan”. 

Dengan merangsang perasaan pembaca, sebuah artikel atau konten dapat menjadi lebih menarik, mudah diingat, dan mampu menciptakan dampak yang lebih dalam. Ramadan adalah momen introspeksi dan spiritualitas, sehingga menyentuh hati audiens bisa menjadi kunci sukses.

  1. Educative Hook : Menyajikan pengetahuan yang berarti

Educative hook memiliki tujuan utama untuk memberi nilai tambah kepada audiens dengan menyajikan pengetahuan praktis dan informatif. Ini melibatkan pembaca dengan memberikan panduan, tips, atau wawasan yang dapat diterapkan. 

Hook ini bisa menarik perhatian audiens yang mau mendapatkan pengetahuan praktis dan bermanfaat untuk memaksimalkan manfaat dari bulan Ramadan Contohnya seperti ini:

 “Ini Tips Menyusun Menu Sahur Sehat Biar Energimu Optimal di Bulan Puasa!”

“Begini Caranya Dapetin 10 Juta di Minggu pertama Ramadan”.

3 jenis hook di atas harus kamu optimalkan untuk meningkatkan engagement di bulan Ramadan. Tapi, jangan cuma headline hooknya yang disempurnakan!! Isi konten kamu juga harus berbobot, biar orang gak merasa ketipu dengan hook kamu yang menarik. Kamu bisa #jalanbareng Skena biar kami rencanakan strategi konten yang berbobot dan selaras dengan headline hook yang menarik.

Share This Post: