3 Jenis Audiens Yang Harus Kamu Ketahui

Dalam memulai sebuah bisnis, kebanyakan orang akan berpikir seputar produk apa yang akan dijual, dan bagaimana menjual produk tersebut. Sangat sedikit yang akan membahas tentang kepada siapa produk ini harus dijual?

Pembahasan tentang target audiens yang akan disasar menjadi penting untuk diperhatikan oleh para pelaku bisnis, karena audiens adalah ujung dan awal dari sebuah bisnis. Di mana audiens harusnya menjadi titik berangkat dalam melihat produk/jasa yang akan dipasarkan, metode seperti apa yang disukai oleh audiens dalam memasarkan produk, sekaligus menjadi penentu dalam angka transaksi produk/jasa yang dijual oleh sebuah bisnis.

Artikel ini akan membahas tiga tipe audiens yang harus kamu ketahui, baik ketika baru memulai bisnis, ataupun jika kamu sudah menjalani bisnis selama bertahun-tahun.

1. Cold Audience

Cold Audience ini adalah istilah yang dilekatkan bagi audiens yang benar-benar belum mengetahui bisnismu. Mereka ini adalah yang belum pernah terpapar iklan, atau mendapatkan cerita dari orang terdekat yang pernah menggunakan produk/jasa brandmu.

2. Warm Audience

Warm Audience adalah mereka yang sudah mengenal produk/jasa yang ditawarkan oleh bisnismu, namun belum pernah menggunakan brandmu. Tipikal audiens ini adalah audiens yang menunggu trigger tertentu yang membuat mereka akhirnya punya keberanian untuk mencoba produk/jasa yang ditawarkan oleh brandmu

3. Hot Audience

Pada tahapan ini, audiens terbilang telah mengenal brand kamu dan sudah pernah mencoba produkmu. Tipikal audiens ini juga membuka kemungkinan pemesanan kembali yang menjadi penanda bahwa audiens menyukai produk atau pelayanan yang kamu berikan.

Dari ketiga kategori audiens yang sudah dijelaskan di atas, brand kamu perlu menggunakan pendekatan yang berbeda untuk setiap kategori. Pendekatan yang digunakan juga perlu berdasarkan hasil riset terhadap audiens yang ingin kamu sasar. Jika kamu membutuhkan bantuan tenaga profesional untuk melakukan perencanaan bisnis untuk menjangkau berbagai jenis audiens, Skena sebagai digital creative agency siap memberikan solusi terbaik untuk setiap permasalahan brandmu.

Share This Post:

©2021 All rights reserved. Skena Wahana Kreatif