5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Beralih ke Menu Digital

Untuk bersaing di industri kuliner, anda pasti senantiasa melakukan berbagai inovasi mulai dari inovasi menu, penataan ruang, hingga membuat berbagai promo menarik setiap bulannya untuk menarik pelanggan datang ke cafe atau restoran anda. Namun jika anda sadari, inovasi yang anda lakukan seringkali  terkendala beberapa hal. Misalnya ketika anda ingin membuat tambahan menu, anda kemudian dihadapkan pada kenyataan bahwa anda harus mendesain kembali menu yang ada, lalu mencetaknya.

Kendala lainnya terjadi ketika ada perubahan harga yang harus anda lakukan pada harga menu yang ada. Banyak dari pemilik bisnis kuliner memilih untuk menambal tulisan harga menu sebelumnya dengan stiker yang membuat menu terlihat tidak menarik di mata konsumen. Belum lagi jika anda membuat paket promo bulanan untuk menaikkan penjualan, anda harus mencetak kembali menu khusus untuk memasarkan promo yang anda buat tersebut.

Dan di antara kendala-kendala yang sering anda temui di atas, tidak jarang ada faktor eksternal yang membuat anda harus mencetak kembali menu anda karena terkena tumpahan makanan atau minuman pengunjung. Tentu saja itu akan menguras biaya yang tidak sedikit.

Di sisi lain, pengunjung yang datang ke cafe atau restoran anda juga telah mengalami perubahan pola kebiasaan yang membuat pengunjung menjadi lebih peduli terhadap kebersihan. Memberikan menu yang terlihat kotor karena telah lama digunakan, hanya akan memberi kesan pada pengunjung, bahwa cafe atau restoran anda kurang peduli terhadap kebersihan. Dan hal itu bukan tidak mungkin membuat pelanggan enggan kembali ke tempat anda.

Di tengah berbagai masalah yang anda hadapi sebagai pelaku bisnis kuliner, teknologi digital hadir membawa solusi yang efektif dan efisien untuk bisnis anda. Salah satu yang wajib menjadi pertimbangan anda sebagai pelaku bisnis kuliner adalah peralihan menu dari manual ke digital. Apalagi, hari ini masyarakat sudah tidak bisa dipisahkan dari teknologi yang membuat mereka ingin selalu bersinggungan dengan teknologi di manapun dan kapanpun.

Berikut manfaat menu digital untuk bisnis kuliner anda:

Tidak Perlu Pusing Mengganti Harga Menu

Anda pastinya sering mendapati menu yang telah diberi label sana-sini untuk mengganti harga. Tampilan menu yang telah di label di berbagai tempat tentu mengganggu secara visual bagi pengunjung. Selain itu, memberi label pada menu untuk mengganti harga juga membuat anda repot. Dengan beralih ke menu digital, mengganti harga menu menjadi lebih mudah hanya dengan mengeditnya, dan tidak akan mengganggu pengunjung secara visual.

Tidak Perlu Mencetak Menu

Jika anda masih menggunakan menu manual, maka anda akan banyak menghabiskan budget di percetakan karena harus sering mencetak menu jika ada tambahan menu, informasi promo menu bulanan, atau ketika menu yang anda sediakan tidak sengaja tertumpah makanan atau minuman pengunjung. Dengan menggunakan menu digital, anda akan terhindar dari hal-hal di atas.

Bebas Memilih Tampilan

Dengan menu digital, anda bisa lebih bebas memilih tampilan.menu anda, dan bisa menggantinya sesuai dengan keinginan anda. Dan tentu saja, prosesnya bisa lebih mudah karena anda cukup memilih kembali template yang ada, dibandingkan dengan menu manual yang harus anda desain kembali, kemudian dicetak.

Lebih Bebas Membuat Menu Promo

Di setiap bulannya, tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk membuat menu promo makanan  dan minuman untuk kepentingan cross selling. Jika menggunakan menu digital, anda tidak butuh memperbaharui desain menu anda dan mencetaknya, namun anda cukup membuat menu tambahan, di mana itu bisa anda lakukan dalam satu kali klik saja.

Meningkatkan Daya Saing Restoran/Cafe Anda

Dengan beralih ke menu digital, anda juga ikut serta menegaskan positioning brand anda di mata kompetitor. Di tengah persaingan industri makanan yang semakin kompetitif, anda harus senantiasa menambahkan nilai tambah yang membawa bisnis anda lebih maju ke depan. Dan beralih ke menu digital, adalah sebuah nilai tambah yang patut anda pertimbangkan.

Jika anda tertarik untuk beralih dari menu manual ke menu digital, Skena sebagai digital creative agency telah menyiapkan paket Skena Biz yang mudah dan murah untuk bisnis anda. Anda bisa mendapatkan semua keuntungan menu digital di atas, tanpa ribet, dan tanpa banyak biaya! Anda bisa mulai merancang menu digital dengan menghubungi Skena disini

Share This Post:

©2021 All rights reserved. Skena Wahana Kreatif