Bedah Kampanye #AwasModus BCA, untuk Ciptakan Brand yang Powerful!

kampanye kreatif

Potensi sebuah brand ternyata gak hanya sampai menawarkan produk dan interaksi dengan customer aja tapi bagaimana brand itu juga bisa menjual nilai di masyarakat sehingga, bisa menjadi brand dengan presensi yang kuat di masyarakat.

Salah satu rangkaian kampanye BCA yang merupakan kampanye edukasi literasi keuangan digital yaitu #AwasModus menjadi kampanye yang sukses mempertegas integritas BCA sebagai brand di khalayak umum.

Tahun 2022, BCA bekerja sama dengan penyanyi, Anggun C. Sasmi, dalam serangkaian video kampanye bertajuk “Tolak Dengan Anggun” di platform YouTube.

Kemudian pada tahun Desember 2023, BCA bekerja sama dengan komedian senior, Indro Warkop DKI, dengan merilis serangkaian video di YouTube dengan tema “Don’t Know? Kasih No!.”

BCA mengemas kampanye ini dengan narasi yang menarik, sinematik yang apik, dan story line yang unik.

Kampanye ini mengangkat isu fraud atau penipuan yang dihadapi secara sosial dan perbankan. Kampanye #AwasModus bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang metode penipuan yang semakin variatif.

Keberhasilan kampanye yang menarik dan edukatif ini membawa BCA mendapatkan penghargaan Marketeers Editor’s Choice Awards (MECA) 2023 untuk kategori Anti-Fraud Campaign of the Year.

Apa sih yang BCA lakukan hingga mendapatkan traffic kampanye yang tinggi dan apresiasi positif dari masyarakat? Singkatnya, BCA melakukan purpose-driven marketing.

Upaya yang dilakukan BCA adalah menyelaraskan core value perusahaan dengan problem sosial sehingga BCA dapat merepresentasikan citra sebagai bank yang terpercaya dan bersinergi dalam melawan isu penipuan.

Bagaimana cara menempatkan brand dalam Purpose-driven Marketing?

  • Identifikasi Core Value dari Brand

BCA memiliki empat tata nilai, yaitu, Fokus pada Nasabah, Integritas, Berusaha Mencapai yang Terbaik, dan Kerjasama Tim. BCA memulai target ini dengan mendengarkan keluhan nasabah tentang metode penipuan yang mengatasnamakan BCA.

Untuk mempertahankan nilai integritas yang dijunjung oleh BCA, maka BCA perlu mengatasi ketidaknyamanan nasabah melalui pelayanan dan produk yang baik.

  • Selaraskan Value Brand dengan Tujuan Sosial

BCA yang berkomitmen dalam melayani nasabah menjawab pula tantangan digitalisasi perbankan, yaitu berbagai macam penipuan.

Hal ini lah yang membuat BCA menjadi brand yang impactful  ke masyarakat, terdapat upaya dalam mewujudkan komitmen memberi experience yang nyaman ketika bertransaksi menggunakan produk dari BCA.

  • Temukan metode komunikasi yang tepat

Selain mempromosikan layanan digitalisasi perbankan, BCA juga meningkatkan awareness terhadap nasabah mengenai modus penipuan.

Selain mempromosikan produk, BCA juga memberikan edukasi dan peningkatan safety dalam produk digitalnya.

Penyampaian kampanye yang kreatif, edukatif, dan menjangkau audiens yang luas membuat nasabah tetap mempercayakan layanan digital dari BCA untuk melakukan transaksi.

  • Dapatkan feedback dari Customer

Tidak hanya mempromosikan dan mengedukasi lewat video, BCA juga berinteraksi dengan para nasabah dengan mengajak berpartisipasi dalam kampanye AwasModus yang seru, beberapa kampanye itu seperti Kompetisi Video #BeliebersAntiModus dan Challenge duet #TolakDenganAnggun di TikTok.

Brand yang selaras dengan dampak sosial gak hanya memberikan citra positif di masyarakat tapi meningkatkan rasa kepercayaan customer untuk memilih brand tersebut.

Kamu mau punya bisnis dengan pesan kampanye yang kuat lewat kampanye kreatif seperti BCA? Yuk, konsultasikan kampanye yang cocok untuk brand kamu dengan #jalanbareng SKENA dengan klik tombol di bawah!

Share This Post: