Saat ini terdapat berbagai macam jenis channel media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mendukung perkembangan bisnis dalam menghadapi era digitalisasi industri.
Menurut Hootsuite’s 2022 Social Trends Report, 80% brand percaya terhadap value yang dihasilkan media sosial seperti memberi informasi penting mengenai audience.
Semakin efektif strategi media sosial, semakin menguntungkan bagi brand milikmu, karena dapat meningkatkan rangking pencarian, traffics, dan conversion rates.
Tetapi bagaimana cara kamu membuat strategi yang efektif kalau kamu sendiri masih bingung memilih channel media sosial mana yang bagus diantara banyaknya pilihan?
Sebagai pelaku bisnis, tentunya kamu harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai channel mana yang cocok sesuai dengan tujuan campaign bisnismu.
kami telah menguraikan proses langkah demi langkah sederhana yang dapat membantu kamu untuk memilih channel apa saja untuk bisnismu, Simak pembahasan berikut ini!
1. Apa tujuan dari channel media sosial yang kamu miliki?
Sebelum menentukan channel dan jenis konten apa yang akan kamu buat untuk bisnismu, kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan dari media sosial bisnis milikmu, misalnya:
Kalau kamu ingin meningkatkan brand awareness, kamu bisa menggunakan channel yang lagi trend atau memiliki banyak pengguna seperti tiktok, instagram, dan facebook.
Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak leads, kamu bisa menggunakan channel social media yang bisa memasukkan link di setiap konten kamu seperti Instagram dan juga menambahkan CTA.
Jika kamu ingin menjual sebuah produk, kamu bisa menggunakan channel social media yang memiliki fitur tagging untuk produk milikmu
Seperti Tiktok dengan fitur keranjang kuning agar mempermudah calon pembeli menuju ke halaman penjualan.
Baca Juga: Cara Kerja Algoritma Media Sosial Yang Wajib Kamu Ketahui!
2. Channel media sosial apa yang digunakan oleh target audience kamu?
Langkah selanjutnya kamu bisa mengevaluasi channel apa yang digunakan oleh target audience mu.
Kamu bisa menyesuaikan berdasarkan demografi target audience seperti umur, pendidikan, domisili, dll.
Selain itu, kamu bisa menggunakan data statistik pengguna sosial media di indonesia yang sudah dirilis oleh beberapa media seperti dataindonesia.id
Data seperti ini tentu akan mempermudah dan mempersingkat waktu melakukan riset tersendiri dalam memilih channel yang cocok untuk bisnismu
3. Channel apa yang digunakan oleh kompetitor?
Sama pentingnya dengan yang lain, kamu bisa pertimbangkan channel mana saja yang aktif digunakan oleh kompetitor mu.
Hal ini bisa kamu jadikan acuan untuk mengukur aktivitas di industri bisnis mu dan membantu kamu dalam membuat keputusan.
Beberapa yang bisa kamu analisis seperti jenis konten apa yang kompetitor kamu post, apakah setiap channel memiliki konten khusus?
Seberapa sering mereka membuat konten/posting di media sosial? Berapa banyak like, comment, share, save yang didapat di setiap postingan? Seberapa interaktif mereka dengan audience-nya?
Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan beberapa tools untuk melakukan analisis kompetitor seperti analisa.io
4. Berapa banyak channel yang bisa kamu kelola?
Banyak bisnis yang memiliki beberapa channel media sosial, tapi apakah beberapa channel ini sudah sangat efektif dalam pengelolaannya?
Tentunya hal ini tergantung dari seberapa efektif brand tersebut mengelolanya.
Jika kamu sebagai pemilik bisnis hanya mengandalkan satu channel maka visibilitas dan jangkauan bisnis kamu mungkin akan berkurang.
Tetapi jika kamu menggunakan banyak tapi tidak bisa mengelolanya dengan baik,
Baik itu dari segi konten, interaksi dengan audience, atau keaktifan posting setiap harinya maka lambat laun akan berimpact buruk ke bisnis mu.
Jadi sebagai pemilik bisnis langkah apa yang akan kamu ambil selanjutnya setelah mengetahui cara memilih channel media sosial terbaik?
Sebagai pelaku bisnis tentu pemilihan channel ini menjadi sangat penting dan wajib kamu perhatikan karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis kamu kedepannya.
Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa menggunakan jasa konsultan marketing atau agency untuk mempermudah semuanya.
Mengingat ketika sudah fokus kepada satu channel atau bahkan beberapa channel, maka kualitas harus diperhatikan.
Karena membuat konten dengan kualitas tinggi pada satu channel social media, memiliki daya tarik tersendiri daripada membuat konten seadanya dan disebarkan ke seluruh sosial media tanpa strategi yang tepat.
Skena merupakan salah satu agency marketing yang sangat kompeten dan bisa kamu ajak kerjasama untuk mempermudah menjalankan strategi bisnis kamu. Jika kamu tertarik, silakan tekan tombol dibawah ini!