Pada artikel sebelumnya kita telah membahas terkait engagement rate untuk KOL, pada artikel kali ini kita akan fokus pada bagaimana cara menghitung engagement rate.
Ketika kita ingin menggunakan jasa KOL untuk keperluan marketing kita, salah satu yang harus diperhatikan adalah mengenai engagement ratenya.
Sebelum masuk ke engagement rate kita harus tau dulu apa yang dimaksud dengan engagement. Sederhananya engagement adalah interaksi yang dilakukan pada koten kita.
Engagement setiap sosial media tentunya berbeda-beda, misalnya saja instagram itu terbagi 4 : like, comment, share dan save.
Jadi untuk mengetahui berapa engagement dari konten kita, kita menjumlahkan seluruh metrics tersebut.
Misalnya saja like 15, comment 7, share 10, save 30. Berati engagement nya ada 62.
Engagement Rate adalah sebuah metric pada sosial media yang mengukur interaksi dari sebuah konten atau akun yang didapatkan dari membandingkan antara engagement dan followers / reach.
Baca juga : step by step menggunakan jasa KOL.
Kenapa menghitung engagement rate begitu penting ?
Hal ini dihitung agar kamu tahu apakah konten yang kamu produksi itu memberikan performance yang baik atau tidak.
Ketika engagement rate-nya turun maka bisa disimpulkan jika kontenmu perlu dievaluasi lagi. Itulah sebabnya menghitung engagement rate sangatlah penting.
Ada beberapa cara menghitung engagement rate, namun pada artikel ini Skena akan membahas 2 rumus yang sangat umum digunakan.
Rumus yang pertama adalah membandingkan antara engagement dan reach, sedangkan rumus kedua adalah membandingkan antara engagement dan followers.
Rumus menghitung engagement rate !
Engagement Rate Reach (ERR)
ERR = Total engagement per post x reach per post x 100%
Contoh :
Kontenmu mendapatkan engagement berikut :
Like : 80
Comment : 10
Share : 24
Save : 15
Total engagement = like + comment + share + save
= 80 + 10 + 24 + 15
=129
ERR = 129/600 x 100%
= 21,5%
Engagement Rate Reach (ERF)
ERF = Total Engagement per post / total followers x 100%
Contoh :
Kamu memiliki 2.000 followers dan untuk total engagement-nya menggunakan angka yang diatas tadi.
Maka, ERF = 129 / 2000 x 100%
= 6,45%
Gimana, menghitungnya mudah bukan ? Ya memang ada yang bilang kalau untuk menghitungnya mudah.
Namun, untuk menganalisis apakah ini baik atau buruk dari segi engagement rate itu yang mungkin butuh effort.
Menghitung engagement rate merupakan satu bagian kecil yang bisa Skena lakukan ketika bisnismu bekerjasama dengan kami. Lalu kamu akan dikirimkan report sesuai dengan kebutuhanmu.
Tertarik bekerja sama dengan skena ? klik button dibawah ya !