Tahukah kamu bahwa 8 dari 10 orang membaca sebuah headline, tapi hanya 2 dari 10 yang membaca keseluruhan konten? Itu artinya 80% headline gagal membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut (Clark).
Dengan statistik tersebut, kamu sudah tahu bahwa headline dan hook sangat penting saat membuat sebuah copy, baik untuk blog, social media post, email ataupun landing page.
Kami akan membocorkan formula headline yang pastinya sudah terbukti dapat menarik perhatian audience hingga akhir. Tapi sebelum itu, kenalan dulu, yuk, dengan headline dan hook!
Headline pada dasarnya adalah judul yang jelas dari sebuah konten. Judul ini terletak di bagian paling atas dari setiap artikel atau konten yang umumnya akan menjadi hal pertama yang dilihat seseorang ketika mereka menemukan konten kamu secara online.
Hook adalah kata atau frasa yang menarik minat atau perhatian pembaca dan bisa ditemukan dalam headline serta beberapa kalimat pertama dari sebuah konten.
Menulis headline tentunya perlu format. Ada 6 format yang dapat digunakan, antara lain:
- Ini Metode yang Membantu […] untuk […]
Kamu perlu memahami dengan jelas hal yang menjadi keresahan pembaca dan manfaat yang dapat diberikan dari membaca kontenmu.
- Apakah Kamu […]?
Ini format yang bagus untuk menarik perhatian dan rasa ingin tahu atau memberikan tantangan kepada pembaca.
- Cara Malas […] untuk […]
Tekanan waktu dan keterbatasan adalah faktor besar dalam dunia yang serba cepat ini. Format judul ini menekankan hal tersebut, meskipun tidak ada yang suka dianggap malas, semua orang suka menghemat waktu.
- Kamu Tidak Perlu Menjadi [sesuatu yang menantang] untuk Menjadi [hasil yang diinginkan]
Berbicara tentang prasangka orang tentang suatu topik dalam judul dapat menghilangkan penghambat yang ada pada diri pembaca dan hasil yang mereka inginkan.
- Peringatan! […]
Memulai judul dengan kata peringatan pasti akan menarik perhatian, tetapi apa yang kamu katakan selanjutnya akan menentukan seberapa baik judulmu bekerja.
Sekarang mari kita masuk ke beberapa teknik hook!
- Berbicara Langsung kepada Pembaca
Memberikan kesan personal dengan membuat tulisan seperti berbicara langsung pada pembaca akan membangkitkan minat pembaca dan menjaga perhatian mereka. Buat pembaca merasa bahwa tulisanmu ditulis untuk mereka dan hindari menjadi berpusat pada diri sendiri.
- Ajukan Pertanyaan yang Relevan dengan Audiens
Memulai dengan pertanyaan yang memprovokasi pemikiran adalah cara yang sangat baik untuk menarik minat audiens. Pertanyaan yang relevan menandakan bahwa orang-orang telah menemukan sumber yang tepat, yang membantu mereka menyerap konten dengan lebih baik.
- Ceritakan Kisah Pribadi
Cerita atau kisah pribadi dapat menghasilkan emosi dan memberikan hubungan atau kaitan dengan orang lain. Kamu menunjukkan sisi pribadi yang banyak orang tidak tunjukkan dalam bisnis. Hal itu akan memberikan kesan unik dan personal.
- Buat Analog atau Gunakan Metafora
Tuangkan kreativitas dan permainan kata di judulmu. Baik analogi maupun metafora adalah teknik penulisan yang menarik dan dapat memberikan gambar dalam pikiran pembaca.
Kalau kamu pengen punya konten dengan headline dan hook yang kuat dan menarik, kamu bisa ikut #JalanBareng Skena!! Bersama kita ciptakan konten yang stand out!!