Membandingkan 2 Sisi Bisnis, Dengan Atau Tanpa Website

WEBSITE BISNIS

Perlukah sebuah bisnis untuk mempunyai website

Sebuah topik diskusi yang sepertinya tidak akan pernah berakhir.

Ya tentu saja ada banyak faktor yang membuat bisnis owner merasa bisnisnya tidak memerlukan sebuah website, dan ada juga yang merasa website itu penting banget.

Tapi  seberapa penting sih sebuah website untuk bisnismu?

Mari kita buat perbandingannya

Bisnis tanpa website. 

Apakah bisnis tanpa website tidak bisa berjalan?

Jawabannya, bisa-bisa aja sih.

Yang gak bisa ya kalau tanpa website, kamu jadi malas dan tidak ada niatan untuk tumbuh. 

Itu sih sulit.

Tapi bagaimana sebuah bisnis bisa berjalan tanpa sebuah website?

Kehilangan satu instrumen tidak membuat bisnismu cacat, dan itu benar adanya.

Tapi, tanpa satu instrumen penting, tentu kamu sebagai bisnis owner harus paham kalau untuk menutup ketiadaan instrumen tadi, kamu harus bekerja ekstra guna memaksimalkan instrumen yang lain.

CARA COPORATE BUAT PENGUNJUNGNYA TERKESAN DENGAN WEBISITENYA

Berikut ini, beberapa hal yang akan terasa berbeda tanpa adanya website.

Sulitnya mencari informasi tentang bisnismu.

Kelebihan website adalah kemudahannya untuk ditemukan di mesin pencari.

Tanpa itu, kamu akan menyulitkan audiensmu mencari informasi yang mereka butuhkan tentang bisnismu.

Kesulitan mencari informasi bisa berdampak juga pada kredibilitas bisnismu.

Dedikasi waktu untuk customers

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, tanpa adanya pusat informasi artinya kamu harus meluangkan waktu untuk menjadi pusat informasi.

Menyediakan customer service juga bukan berarti seorang customer service bisa terus aktif menjawab pertanyaan yang masuk.

Terutama saat bisnismu scale up, sehingga intensitas orang mencari tahu tentang layanan, produk atau bisnismu meningkat

Layanan tidak berpusat

Dengan atau tanpa website kamu tetap butuh email aktif, media sosial, customer service, sampai mungkin influencer yang bisa membantu bisnismu mendapat awareness.

Namun, tanpa website semua instrumen yang kamu punya harus bergerak sendiri-sendiri.

Akhirnya kamu hanya bisa mengandalkan satu instrumen untuk satu keperluan layanan.

Hal ini bisa jadi merepotkan untuk audiens bisa engage dengan bisnismu.

Sementara dengan website, semua layanan bisa disatukan dalam satu tempat.

Website juga bisa jadi jembatan menuju media sosial, email, customers service sampai pembelian produk.

Bisnis dengan website

Website bisa menjadi tempat untuk mencari segalanya tentang bisnismu.

Informasi brand yang lebih tertata dan terpusat, penjelasan produk bisnis, sampai penjualan atau link ke semua instrumen lain seperti e-commerce dan media sosial semuanya bisa kamu pusatkan pada website.

Dengan desain profesional dan experience audience yang bisa diatur sedemikian rupa untuk memberi kenyamanan pada target audiens.

Berikut adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memiliki website bisnis yang profesional

Kredibilitas Brand

Bayangkan klien atau audiens mencari informasi tentang bisnismu.

Dengan website yang baik dan terlihat profesional serta informasi yang jelas, akan lebih mudah bagi mereka untuk percaya terhadap bisnis.

Terutama saat keunggulan bisnismu, informasi produk dan legalitas bisnis dapat direpresentasikan dengan baik. 

Hal ini yang bisa dilakukan oleh website lebih baik daripada media sosial yang informasi bisnis untuk audiens akan terbatas sesuai format kontennya dan tidak ramah untuk mencari informasi tertentu.

Aktif 24/7

Segala informasi di website bisa diakses kapan saja, selain itu kamu bisa memanfaatkan teknologi seperti AI atau penjawab otomatis untuk menanggapi pertanyaan dari konsumen atau klien bisnismu.

Tempat terbaik untuk menunjukkan service dan produk

Ada pepatah yang mengatakan tidak ada tempat terbaik selain rumah sendiri.

Kalau kamu menganggap websitemu sebagai rumah untuk produk dan layananmu, ini merupakan analogi yang tepat.

Website dapat dirancang sedemikian rupa dengan UI/UX yang tepat untuk dapat meng-highlight produk atau layanan bisnismu lebih baik dari e-commerce, ataupun media sosial.

Menjangkau audiens yang lebih luas.

Dengan website yang baik, bisnismu lebih mudah dicari di search engine.

Memiliki website artinya memudahkan orang-orang dari seluruh dunia untuk menemukan produk atau layanan. 

Kamu juga bisa melakukan pengiklanan pada mesin pencari untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih tepat lagi.

Itulah dia perbandingan bisnis dengan dan tanpa website yang sudah kami rangkum.

Baca Juga : Parody Marketing ga Sekedar Niru Konten

Tanpa website, mungkin bisnismu bisa terus berjalan. 

Namun, dengan website, peluang bisnismu untuk terus bertumbuh akan terbuka lebih lebar.


Nah, kalau masalah bisnismu adalah kesulitan menambah beban tim internal perusahaan untuk website, kamu bisa #JalanBareng Skena, biar kami yang buatkan website sesuai kebutuhan bisnismu.

Share This Post: