Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas terkait apa itu Jasa KOL dan apa benefit dari KOL disertai data statistiknya.
Baca artikelnya disini
Pada Artikel ini kita akan membahas step by step yang harus dilakukan sebelum menggunakan jasa KOL.
Emang sepenting itu untuk tau step by stepnya?
@bunaluce Sakit tapi tak berdarah,d jadiin pelajaran aja ya bestiiieeee😙 #endorseselebgram #dramaendorse #endorse ♬ original sound – Semi💪🏿🤍
Dari video di atas dapat kita asumsikan bahwasanya ada beberapa business owner yang mendapatkan masalah pada saat menggunakan jasa KOL.
Yuk langsung saja, berikut adalah step by step yang harus kamu lakukan ketika ingin atau bahkan telah bekerjasama dengan KOL.
1. Tentukan tujuan campaign
Pernah dengar tentang marketing funnel? Kalau belum, yuk kita bahas.
Marketing funnel adalah sebuah bentuk visualisasi dari customer journey yang kalian miliki. Mulai dari awal mereka melihat content kamu hingga mereka melakukan conversion.
Dilansir dari sproutsocial.com, marketing funnel ini tetap serupa dengan yang ada pada tahun 1900.
Berikut adalah bentuk dari marketing funnel:
Untuk pembahasan detail dari marketing funnel akan kita bahas di next artikel yaa. Sekarang kita balik ke laptop 😁.
Dengan menentukan campaign kamu ada di corong mana, kamu bisa menentukan siapa KOL-nya dan bagaimana birefnya dengan tepat.
Misalnya saja kamu merupakan brand baru, tentu kamu sepatutnya melalui corong awal dulu yaitu awareness maka sebaiknya kamu memilih KOL yang tingkatannya macro – mega influencer agar audience yang dijangkau juga banyak (tapi tetap perhatikan budgetnya ya).
Atau, bisa juga bekerjasama dengan beberapa micro – nano influencer, seperti strategi dari brand Scarlett yang sempat viral beberapa waktu lalu.
Untuk pembahasan detail tentang study case campaign Scarlett mungkin akan dibahas di artikel mendatang ya!
2. Lakukan Riset pada jasa KOL
Setelah langkah satu telah selesai, next-nya kamu harus melakukan riset, KOL yang mana yang akan kamu ajak kerjasama.
Misalnya saja brand-mu adalah brand fashion, maka baiknya KOL yang kamu ajak kerjasama adalah KOL yang kesehariannya memang dikenal sebagai orang yang fashionable.
Misalnya saja @alegor_ , seorang macro-influencer di tiktok. Setiap harinya dia membahas terkait fashion.
@alegeor_ Hunting baju ✨gemas✨ buat ke Jepang di koleksinya Uniqlo U @UNIQLO Indonesia #UniqloU #Lemaire #Foryou #fypシ ♬ Paris Tour Eiffel – Athané, Pierre-André
Ada beberapa brand yang salah dalam memilih KOL yang akan diajak kerjasama. Brand-nya fashion malah kerjasama dengan KOL yang pasarnya itu makanan, yah jelas boncos.
Tips dari Skena : jangan capek riset ya, jangan baru ketemu satu sudah langsung menentukan keputusannya. Sayang duitnya 🙁
Jadi harus ngumpulin beberapa KOL lalu bandingin satu sama lain yang mana yang lebih worth it untuk diajak kerjasama.
Apanya yang dibandingkan untuk jasa KOL ?
Ada beberapa yang bisa dibandingkan, mulai dari harga, followers hingga engagement rate.
Cara menghitung engagement rate juga akan dibahas detail di artikel berikut-berikutnya.
3. Hubungi KOL dan minta rate card
Step ini dilakukan setelah kamu telah menentukan siapa KOL yang akan kamu ajak kerjasama untuk campaign mu.
Biasanya KOL dihubungi melalui whatsapp ataupun instagram, kebanyakan dari mereka menampilkan contact person dari managernya yang bisa dihubungi ketika ingin diajak kerjasama.
Setelah mendapatkan kontaknya, kamu bisa langsung menghubunginya dengan kata-kata yang sopan untuk meminta rate cardnya. berikut contoh chatnya.
“hallo mas/mba …, perkenalkan saya arfan dari skena, salah satu agency dari makassar. kami rencana akan membuat campaign tentang … yang berlokasi di Makassar pada tanggal 3-4 desember. Kami berencana ingin bekerjasama dengan mas/mba …. untuk mengkampanyekan campaign ini, saya izin mas / mba kalau boleh dikirimkan rate cardnya”
Apa itu rate card ?
Rate card adalah sebuah dokumen yang berisi harga dari jasa KOL tersebut, misalnya KOL yang ada di social media biasanya dikategorisasikan menjadi post harganya berapa, story saja harganya berapa bahkan tak sedikit yang membedakan antara post dan video.
4. Buatkan Scope Of Work (SOW)
SOW merupakan perjanjian antara KOL dengan Brand yang berisi instruksi-instruksi yang wajib KOL patuhi ketika melakukan sebuah campaign.
Apa saja yang harus ada dalam SOW yang akan diberikan untuk jasa KOL?
1. Timeline
Berisi informasi tentang kapan dan berapa lama waktu campaign akan berjalan.
2. Moodboard
Gambar atau video yang akan menjadi referensi KOL dalam melakukan campaign.
3. Deliverable
Output yang harus KOL lakukan. Misalnya berupa 1x post story dan feed instagram.
4. Talk Instruction
Pedoman cara pengambilan foto, caption, tulisan yang harus ada dalam foto, hingga hashtag di social media.
5. Do’s and Don’ts
Hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan oleh KOL.
next step terakhir
5. Meminta Insight dari Campaign
Ini salah satu step paling penting, ketika KOL telah melakukan campaign sesuai dengan SOW yang tertera, jangan lupa untuk meminta insight dari campaign tersebut.
Insight biasanya diminta H+1 ketika itu berupa story, dan H+3 apabila itu berupa carousel/ single image ataupun video.
Insight ini diberikan oleh KOL berupa screenshot-an pada insight dari kontennya.
Untuk insight social media nanti akan dibahas pada artikel-artikel berikutnya.
Nah, setelah 5 step selesai, kita harus ngapain?
Buat report atau summary yang dapat dievaluasi.
Mungkin kamu akan bertanya, “Hah? Buat apa?“
Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengevaluasi strategi KOL Marketing-mu, lihat kembali key metrics-mu, dan tanyakan apakah campaign ini mendapatkan key metrics yang kamu inginkan?
Pelajari apa yang kurang dan pertahankan apa yang menjadi nilai plus-nya.
Mungkin kamu berpikir, ahhh ribet banget sih. Ngurus KOL aja kok rumit. Ada ga cara yang lebih simpel?
Dari pada biaya banyak yang keluar tau-taunya tidak sesuai target, kamu bisa bekerjasama dengan agency marketing untuk membantumu mengurus segala hal. Mulai dari step 1 hingga pembuatan laporan, marketing agency bisa membantumu.
Skena merupakan salah satu agency yang kerap mendapatkan project berupa KOL Management. Dari pada jalan sendiri, lebih baik jalan bareng Skena.
Jika kamu ingin tahu lebih kamu bisa langsung menghubungi kami dengan click button di bawah ini!
CLICK HERE !