Kenali Cara Seru ala Burger King Untuk Tarik Konsumen!

permainan

Apakah kamu pernah mengumpulkan poin untuk mendapatkan reward? atau
mempertahankan streak di sebuah aplikasi? hal tersebut adalah gamifikasi.

Lalu, apa itu gamifikasi? seperti apa penerapannya pada strategi marketing?

Gamifikasi dalam Marketing
Ini adalah starategi marketing berbentuk pengaplikasian desain seperti permainan pada hal yang bersifat non-game dengan tujuan agar user memberikan engagement dengan cara mencapai sebuah tujuan.

Gamifikasi pada marketing menjadi strategi yang digunakan agar dapat menciptakan pengalaman customer engagement yang menarik dan mengarahkan buyer untuk berperilaku tertentu agar semakin tertarik pada platform bisnis.


Gamifikasi oleh Burger King
Strategi gamifikasi dalam marketing sukses diadopsi oleh Burger King, restoran cepat saji, pada ‘Whopper Detour Campaign’ yang dirilis pada tahun 2018. Campaign Whopper Detour ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan digitalisasi Burger King melalui strategi gamifikasi.


Pada mekanisme gamifikasi kampanye Whopper Detour, Burger King menggunakan teknologi geofencing, yaitu pembatas virtual di mana setiap orang yang kurang lebih berjarak kurang lebih 180 meter dari McDonald’s di seluruh Amerika Serikat akan menerima notifikasi pembelian Whopper seharga satu sen di outlet Burger King.


Kampanye berbasis gamifikasi oleh Burger King ini viral hingga menghasilkan 1,5 juta download aplikasi Burger King hanya dalam beberapa hari menjadikan Burger King sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh saat itu.

Kampanye ini juga menjadi sangat viral sehingga The Whopper Detour memenangkan beberapa penghargaan seperti Grand Prix pada the Cannes Lions International Festival of Creativity.

Keuntungan dari Gamifikasi

  • Data collection dari perilaku konsumen
    Dengan menggunakan strategi gamifikasi, kamu dapat mengatur sikap yang akan dilakukan oleh konsumen atau mendapatkan data dari opsi yang mereka pilih sehingga tercipta behavioral pattern yang sangat berguna untuk dikelola oleh bisnis.
  • Visibilitas brand semakin naik akibat dari social sharing oleh para user
    Perasaan senang dan bangga pada user yang diperoleh ketika mendapatkan reward akan cenderung dibagikan ke sosial media. Hasil dari sharing secara organik itu dapat membantu menaikkan visibilitas brand kamu.
  • Promosi produk yang edukatif dan interaktif melalui bentuk permainan
    Gamifikasi dapat menjadi cara yang menarik untuk memperkenalkan produk yang dimiliki oleh bisnis kamu kepada para konsumen. Fitur interaktif pada gamifikasi akan membangun rasa penasaran dari user.
  • Loyalitas konsumen yang senang mengumpulkan poin
    Ketika menerapkan sistem point and reward, konsumen yang berpartisipasi akan berusaha agar mempertahankan poin dan memenangkan reward yang ditawarkan. Strategi gamifikasi sangat ampuh dalam membangun loyalitas melalui sistem yang partisipatif.

Siap meningkatkan visibilitas brand dan mendapatkan customer engagement dengan cara yang menarik? Ayo, susun kampanye brand kamu secara interaktif dan menyenangkan selayaknya creative campaign gamifikasi Burger King dengan #jalanbareng SKENA!

Share This Post: