Kenapa Bisnis Kamu Butuh Logo yang Baik?

Logo adalah huruf atau lambang yang mengandung makna, terdiri atas satu kata atau lebih sebagai lambang atau nama perusahaan dan sebagainya. Logo menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh perusahaan anda, karena logo dapat mencerminkan identitas perusahaan anda. Oleh karena itu, logo menjadi salah satu hal yang penting dalam membangun brand. Meskipun dalam beberapa kasus ada logo yang tidak mewakili perusahaan, namun pada umumnya, logo dibuat berdasarkan filosofi yang dianut oleh perusahaan.

Untuk membangun brand yang kuat, logo menjadi dasar yang penting karena logo menjadi dasar visual yang membuat konsumen mampu mengenali produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan anda secara cepat. Logo juga bisa menjadi representasi visual yang membuat perusahaan anda menjadi unik dan berbeda dengan kompetitor. Dari kacamata pemasaran, logo bisa membuat memperkuat iklan dalam pengenalan produk pada masyarakat.

Selain itu, bisa dikatakan logo juga menjadi wajah dari sebuah brand. Logo menjadi perpanjangan tangan perusahaan anda dalam memperkenalkan produk ataupun berbagai inovasi yang ditawarkan oleh perusahaan anda. Oleh sebab itu, ada tiga hal yang membuat logo sangat penting untuk perusahaan anda.

1. Representasi Nilai-Nilai Perusahaan

Logo menjadi bentuk komunikasi visual yang mampu menyampaikan berbagai nilai melalui garis, huruf, dan warna. Bentuk visual pada logo bahkan dinilai lebih efektif dibandingkan penjelasan dengan narasi yang panjang dan berbelit-belit. Terlebih lagi, logo sangat mudah diaplikasikan ke dalam berbagai medium.

Logo juga membuat brand anda mudah diingat oleh audiens dikarenakan bentuk visual yang lebih mudah dicerna oleh otak manusia, dan ditransformasikan ke dalam pemahaman.

2. Mempengaruhi Psikologi Pelanggan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa aktivitas branding menjadi upaya perusahaan dalam menanamkan nilai-nilai perusahaan ke dalam alam bawah sadar audiens. Dan dalam aktivitas branding, logo menjadi cerminan atas kualitas suatu produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan anda.

Bisa dikatakan, logo adalah sebuah pengakuan atas kualitas perusahaan anda di pasaran. Ketika audiens yakin membeli sebuah produk/jasa karena melihat logo yang tertera di kemasan ataupun iklan yang dipasarkan, maka di situlah titik keberhasilan branding yang mampu membuat logo anda menjadi sebuah ujung tombak yang membuat audiens tidak ragu memilih produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan anda.

3. Menjadi Pembeda Dengan Perusahaan Lainnya

Filosofi dari setiap perusahaan pastilah memiliki perbedaan yang mendasar. Meski bergerak di bidang yang sama, namun selalu ada pendekatan berbeda yang dilakukan oleh setiap perusahaan. Hal itulah yang harus bisa divisualisasikan ke dalam logo sehingga mampu menjadi pembeda perusahaan anda dengan perusahaan lainnya, terlebih perusahaan yang bergerak di bidang yang sama dengan anda.

Seperti halnya ketika kita melihat telur satu telur bebek di antara banyak telur ayam. Mata kita dengan mudahnya bisa terfokus kepada satu telur bebek yang memiliki perbedaan dengan telur lainnya. Kita juga akan memiliki ingatan yang lebih kuat tentang satu telur bebek dibandingkan dengan banyaknya telur ayam. Hal itu disebut diferensiasi atau faktor pembeda antara brand anda dengan brand lainnya.

Demikianlah tiga manfaat logo yang baik bagi perusahaan anda. Jika anda tertarik untuk membuat logo yang mampu memvisualkan nilai-nilai perusahaan anda agar bisa berkembang secara maksimal, Skena sebagai creative agency bisa membantu anda mewujudkan keinginan tersebut. Anda bisa melihat berbagai portofolio Skena di sini

Share This Post:

©2021 All rights reserved. Skena Wahana Kreatif