4 Ide Jenis Konten yang Bisa Langsung Kamu Terapkan Pada Bisnismu

Ada banyak konten yang tersebar terutama di media sosial. Misalnya saja kamu membuka instagram, kamu akan langsung disambut oleh konten baik berupa.

Tapi, apa sih yang dimaksud konten itu? Menurut KBBI konten itu adalah suatu informasi yang tersedia pada media atau produk elektronik.

Dalam arti yang lain, konten bisa menjadi media untuk memberitahu followers-mu terkait informasi-informasi yang berhubungan dengan bisnismu.

Banyak orang berpikir untuk membuat konten dibutuhkan effort yang tidak mudah. Padahal, penggarapan konten bisa dibuat sesederhana mungkin karena yang mahal dari sebuah konten sebenarnya adalah ide dari konten tersebut.

Buat kamu yang sering kesulitan memikirkan ide konten, Berikut adalah beberapa ide konten yang bisa langsung kamu terapkan pada bisnismu : 

Video Tutorial

Apabila kamu menjual produk berupa barang yang memiliki banyak langkah dalam penggunaannya

entah produknya memiliki banyak langkah dalam penggunaannya, atau produkmu mungkin adalah sebuah inovasi atau barang yang jarang dipakai dan unik untuk kalangan tertentu

maka ide video tutorial sangat disarankan untukmu.

Contohnya saja kamu punya produk kursi bongkar pasang

maka kamu dapat membuat video tutorial bagaimana cara membongkar pasang kursi tersebut pada sosial mediamu.

Hal ini selain menarik untuk ditonton, bisa juga memberikan product knowledge kepada audience-mu

sehingga  membuka kemungkinan mereka tertarik untuk membeli.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa tidak semua produk dapat dibuatkan video tutorial, jadi pertimbangkan baik-baik ya apakah produk itu bisa dibuatkan video tutorialnya atau tidak.

Yang terpenting ketika ingin membuat konten ini adalah bagaimana cara story telling-nya bisa membuat audience tertarik untuk menonton dan dari yang belum paham bisa menjadi paham tentang penggunaan produk.


Unboxing

Unboxing juga menjadi salah satu konten yang cukup populer untuk bisnis produk, tidak hanya influencer dan  public figure yang boleh melakukan unboxing, para pemilik bisnis juga bisa.

Konten ini dilakukan ketika memang produk kita memiliki ciri khas misal pada packaging yang menambah informasi konten pada saat unboxing, sehingga akan memberikan user experience tersendiri bagi customer. Membagikan keseruan membuka kemasan produk Ini bisa menjadi pemicu untuk yang belum membeli produk kita menjadi beli.

Lalu, apakah produk yang tidak memiliki ciri khas dari segi pakingan tidak disarankan untuk unboxing ? tentu bisa dong.

Apabila bisnismu tidak memiliki ciri khas pada packingan kamu tetap bisa menekankan pada ekspresi saat melihat produk yang telah dibuka / dikeluarkan dari kemasan. Kembali lagi pada poin sebelumnya, inti dari semua ini sebenarnya ada pada experience yang dibagikan berhubungan dengan membuka kemasan dan melihat produk untuk pertama kali dari packaging-nya

Ketika melakukan konten ini pastikan talent yang bekerja memberikan ekspresi yang mengejutkan dan terkagum pada produk, karena jika dari segi ekspresi dari talentnya datar maka itu akan sulit menyentuh emosional dari audience.


Ikuti Tren

Ketika mayoritas dunia maya membicarakannya, di situ saat yang baik kamu juga ikut mengambil bagian. 

Kamu sebaiknya mengikuti tren supaya bisa mendapatkan traffic dari para user yang sedang membicarakannya. Traffic yang datang bisa coba kamu convert menjadi penjualan ya, biar dapat cuan.

Namun, perlu diperhatikan, tidak semua tren itu wajib kamu ikuti. Cobalah memilih tren yang memang cocok untuk bisnismu. Karena ada juga beberapa tren yang justru menjadi kontra dalam masyarakat.

Lantas bagaimana kita bisa tau apa yang sedang trend sekarang? 

Berikut beberapa tipsnya : 

  1. Rajin membaca berita online, biasanya media online selalu membahas tren dengan up to date
  2. Kamu bisa juga cek kolom trending entah di youtube atau twitter, coba lihat apa yang lagi banyak dibicarakan orang-orang di media sosial.
  3. Selain dua poin di atas, kamu juga bisa menggunakan third party seperti google trend atau trends24, di situ kamu bisa melihat trend yang apa saja yang  sedang dibicarakan di Google dan Twitter itu apa saja.

Testimoni

Testimoni penting untuk membentuk trust kepada para audience-mu.

Ada pepatah bijak mengatakan, seseorang sebenarnya tidak peduli dengan kehidupan orang lain. Mereka hanya peduli dengan diri mereka sendiri.

Maka dari itu ketika kamu selalu membicarakan brand-mu, brand-mu, brand-mu maka audience bisa risih dan malah akan meninggalkan brand-mu. dibutuhkan pihak ketiga untuk membantu promosi.

Salah satu strategi testimoni yang sering digunakan adalah influencer marketing. Menurut datanya influencer marketing nilainya hingga 15 juta USD. 

Ini membuktikan bahwa tidak sedikit para pemilik bisnis yang menganggap serius strategi ini untuk diterapkan pada bisnisnya.

Setelah testimoni akan bisnismu telah dilakukan oleh para influencer, hasilnya kamu bisa jadikan konten. 

Itulah tadi beberapa ide konten yang bisa banget langsung kamu terapkan untuk bisnismu. Meski begitu diluar dari ini, tentu saja masih banyak ide konten yang lainnya yang kamu bisa lihat sosial media Skena, di situ ada beberapa konten yang mungkin dapat menjadi inspirasi kamu dalam berkonten. 

tidak bisa dipungkiri salah satu yang tersulit dalam proses produksi konten selain produksinya, adalah masalah ide dan pengembangan ide itu sendiri, itu sebabnya ada beberapa bisnis yang lebih memilih untuk bekerjasama dengan pihak ketiga seperti agency.

Apa untungnya? 

Ketika bekerjasama dengan agency, para pemilik bisnis bisa lebih fokus untuk memikirkan / menjalankan strategi dari bisnisnya tanpa harus menghabiskan waktu untuk memikirkan ide dari konten untuk sosial medianya.

Skena merupakan salah satu agency yang sangat kompeten dan bisa kamu ajak kerjasama untuk segala permasalahanmu di sosial media.

Kalau kamu tertarik untuk kerjasama dengan  #JalanBareng Skena, kamu bisa klik link button dibawah!

Share This Post: