Lupakan Selebriti! Marketing Kekinian Pakai “Influencer Mini” yang Bikin Jualan Laris Manis!

Influencer

Pernah gak sih kalian mendengar istilah nano-influencer sebelumnya? Nano influencer atau Key Opinion Leader (KOL) adalah salah satu strategi pemasaran yang digunakan untuk memperluas jangkauan di media sosial melalui dukungan produk atau pertukaran barang.

Dalam pemasaran media sosial, kehadiran nano influencer sangat dihargai oleh agensi dan pemilik merek karena biaya kerjasama mereka relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan selebritas lainnya. Jadi, apa sebenarnya nano influencer itu? Yuk, mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

Apa yang dimaksud dengan Nano-Influencer?

Nano influencer adalah individu yang memiliki antara 1.000 hingga 10.000 pengikut. Mereka umumnya memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi meskipun jumlah pengikutnya sedikit. Hal ini karena konten yang mereka bagikan dikenal oleh komunitas kecil mereka dan berasal dari pengalaman sehari-hari atau aktivitas di bidang yang diminati oleh audiens mereka.

Karena jumlah pengikut nano influencer terbatas, mereka lebih mudah berinteraksi secara langsung dengan audiens mereka. Akibatnya, pesan yang mereka sampaikan cenderung lebih diterima oleh pengikut mereka. Nano influencer merupakan salah satu cara untuk memberikan kesan yang autentik terhadap produk atau jasa yang dipromosikan.

Itulah mengapa nano-influencer bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para wirausahawan yang baru memulai bisnis dan memiliki anggaran terbatas atau segmentasi pasar tertentu. Selain karena konten yang mereka hasilkan memiliki nilai jual, harga kerjasama dengan nano influencer juga cukup terjangkau. Tak heran jika mereka seringkali menerima imbalan dalam bentuk produk atau jasa sebagai gantinya.

Jenis-jenis Nano-Influencer

Sebelum membahas kelebihan dan manfaatnya, mari kita kenali lebih dulu jenis-jenis nano influencer, yaitu:

1. Nano Influencer Asli

Nano influencer asli adalah mereka yang memulai karir sebagai influencer dari awal. Meskipun demikian, mereka tetap berkomitmen untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi demi membangun komunitas mereka sendiri.

2. Nano Influencer Non-Asli

Nano influencer non-asli adalah individu yang sudah memiliki keuntungan karena telah memiliki ketenaran sebelumnya. Biasanya, mereka adalah yang paling dicari oleh merek atau brand.

Keunggulan Penggunaan Nano Influencer

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, nano-influencer memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya:

1.      Meningkatnya Keterlibatan

Terbukti tidak hanya dari data analitik, tetapi juga dari fakta bahwa nano influencer umumnya sangat terlibat dengan audiens mereka. Dengan jumlah pengikut yang terbatas, mereka dapat dengan mudah berinteraksi dengan audiens dan membentuk citra produk yang menarik.

2.      Hubungan yang Akrab dengan Audiens

Saat kamu menggunakan jasa nano-influencer, interaksi dengan audiens terasa seperti berbicara dengan teman. Ini menciptakan kenyamanan dan mempermudah interaksi terkait produk atau jasa yang dipromosikan.

Potensi Pertumbuhan Nano Influencer

Keuntungan lain dari kerja sama dengan nano influencer adalah semangat mereka untuk tumbuh dan berkembang. Mereka selalu berupaya menyajikan konten yang segar kepada audiens, sementara tetap mempertahankan kredibilitas tinggi dengan menghasilkan konten berkualitas.

1.      Biaya yang Terjangkau

Nano-influencer dengan jumlah pengikut yang terbatas cenderung menetapkan tarif yang lebih rendah dibandingkan dengan influencer yang memiliki pengikut lebih banyak. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin bersedia menerima imbalan non-moneter seperti produk atau barang.

2.      Kepercayaan yang Tinggi dari Audiens

Interaksi dengan pengikut yang terbatas membuat audiens cenderung mempercayai konten yang dipromosikan oleh nano influencer. Hal ini terjadi karena citra yang tercipta menyerupai hubungan antara teman, bukan hanya orang asing. Sebagai hasilnya, konten tersebut dianggap lebih otentik dan kredibel.

3.      Fleksibilitas dalam Persyaratan Kerjasama

Nano influencer umumnya lebih mudah bekerja sama dan setuju dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak bisnis. Karena banyak dari mereka menjadikan menjadi influencer sebagai pekerjaan sampingan, mereka tidak meminta bayaran yang tinggi. Ini juga memungkinkan pihak bisnis menetapkan batasan-batasan tertentu dalam pembuatan konten.

Dengan menggunakan jasa nano influencer, kita juga dapat memanfaatkan mereka untuk menyelenggarakan acara khusus yang dapat meningkatkan minat dari pengikut media sosial atau komunitas tertentu.

Usaha yang Sesuai untuk Menggunakan Nano Influencer

Nano influencer merupakan pilihan yang cocok bagi para pelaku usaha kecil dan menengah karena biaya kerjasamanya yang terjangkau. Beberapa jenis bisnis yang tepat untuk bekerja sama dengan nano influencer antara lain:

  • Camilan
  • Produk makanan beku
  • Voucher game
  • Industri fashion
  • Barang kebutuhan rumah tangga

Hubungi Skena untuk memulai strategi influencer marketing kamu dengan nano influencer #jalanbareng

Share This Post: