Manfaatkan Ini Untuk Keberhasilan Bisnismu di Era Digital!

Era Digital

Di era digital ini, informasi bagaikan ombak yang silih berganti. Era digital membawa perubahan besar dalam cara kita mengakses informasi dan berinteraksi secara online. 

Era ini telah mempengaruhi bagaimana bisnis berinteraksi dengan audiens mereka. Di tengah dinamika ini, penting bagi para business owner untuk mampu menganalisa platform digital dengan cermat agar bisa mengikuti arus informasi yang sedang tren atau menjadi topik hangat. 

Hal ini bisa membantu penyajian konten-konten bisnis agar tetap relevan dan responsif terhadap kebutuhan dan preferensi konsumen.

Di sinilah Social Listening menjadi kompas untuk menavigasi informasi yang relevan dan menciptakan konten bisnis yang tepat sasaran.

Social Listening itu apa sih?

Social Listening adalah proses memantau dan menganalisis percakapan yang terjadi di media sosial, forum online, dan platform digital lainnya.

Kalau menurut Stewart dan Arnold (2018) dalam ilmiah yang ia tulis, social listening diartikan sebagai sarana untuk mendapatkan informasi interpersonal dan kecerdasan sosial yang memberdayakan hubungan serta memberi pengaruh terhadap cara kita mendengarkan dan berkomunikasi satu sama lain melalui media yang semakin populer 

Dengan Social Listening, kamu dapat memahami apa yang dibicarakan orang tentang brandmu mulai dari preferensi konsumen, mengidentifikasi peluang, mengukur efektifitas campaign, hingga tren yang sedang berkembang.

Semua informasi yang diperolah dapat diolah menjadi data dan dianalisis untuk menentukan langkah strategis untuk bisnis.

Manfaatnya apa?

  • Meningkatkan Brand Awareness: Social Listening membantu memahami bagaimana orang memandang sebuah brand dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.
  • Menemukan Peluang Baru: Social Listening bermanfaat menemukan peluang baru untuk menjangkau pelanggan dan mengembangkan produk atau layanan baru.
  • Meningkatkan costumer experience: Social listening meningkatkan customer experience dengan memahami kebutuhan pelanggan, merespon cepat keluhan, menangkap tren, dan memperbaiki layanan, sehingga menciptakan pengalaman yang lebih relevan dan memuaskan.

Nah, berikut beberapa tools yang bisa kamu pakai untuk melakukan social listening!

Hootsuite: Platform untuk memantau percakapan media sosial, menjadwalkan posting, dan menganalisis performa konten di berbagai akun media sosial. Cocok untuk manajemen media sosial dan social listening dalam satu tempat.

Brandwatch: Alat canggih untuk menganalisis data media sosial, tren, dan sentimen pelanggan secara real-time. Brandwatch memberikan wawasan mendalam tentang persepsi brand dan memungkinkan pengambilan keputusan yang berbasis data.

Sprout Social: Alat yang membantu mengelola interaksi media sosial, memantau percakapan, dan menganalisis performa brand. Sprout Social menawarkan fitur social listening untuk memahami percakapan pelanggan dan memperbaiki strategi pemasaran.

Atau kamu juga bisa ikut #JalanBareng Skena, biar kami bantu buat bisnismu grow lewat media sosial!

Share This Post: