Mengintip Strategi Marketing Kreatif Taylor Swift untuk Meningkatkan Revenue Growth Bisnis Kamu 

Taylor Swift

Taylor Swift secara resmi diumumkan sebagai miliarder oleh Forbes pada Oktober 2023. Yang menarik, pencapaian ini utamanya berkat karir musiknya, tanpa memerlukan usaha sampingan seperti merintis merek kecantikan, lini pakaian, atau investasi dalam industri minuman keras. Industri ini menjadi pilihan populer bagi selebriti yang ingin merintis usaha sampingan karena berbagai alasan salah satunya adalah kecocokan dengan brand image, potensi pasar yang besar, keuntungan branding, kemudahan akses, dan contoh sukses selebriti lainnya menjadi faktor pendorong utama.

Apa Yang Membuat Taylor Swift Begitu Istimewa?

Ada dua konsep utama di sini manajemen merek dan ekuitas merek. Manajemen merek merupakan proses menciptakan, memelihara, dan mengontrol merek untuk membangun nilai di benak konsumen. Ekuitas merek, di sisi lain, adalah nilai yang melekat pada merek, terdiri dari aset (seperti nama, logo, reputasi) dan liabilitas (seperti asosiasi negatif).

Melalui manajemen merek, Taylor dapat mengembangkan, mempertahankan, dan meningkatkan reputasi serta citranya di pasar. Tujuannya adalah menciptakan persepsi yang kuat dan positif di kalangan konsumen (Swifties). Akibatnya? Loyalitas penggemar.

Manajemen merek ini sangat berkaitan dengan pentingnya untuk menjadi autentik dan berinteraksi dengan tulus dengan para penggemar.

Masih nggak percaya? Perekaman ulang album lamanya yang dikenal sebagai Taylor’s Version. Data dari Luminate menunjukkan bahwa album 1989 (Taylor’s Version) berhasil terjual sebanyak 1,3 juta kopi dalam minggu pertama. Angka ini bahkan melampaui penjualan pada tahun 2014, yang hanya mencapai 1,28 juta.

Melalui Manajemen Merek, Taylor dapat membangun, menjaga, dan meningkatkan reputasinya di pasar. Tujuannya adalah menciptakan persepsi yang kuat dan positif di antara penggemarnya (Swifties). Akibatnya, terjalinlah loyalitas penggemar yang kuat. Manajemen merek ini sangat berkaitan penting menjadi autentik dan berinteraksi dengan tulus dengan penggemar.

Contohnya saat Taylor merekam ulang album lamanya yang dikenal sebagai Taylor’s Version. Data dari Luminate menunjukkan bahwa album 1989 (Taylor’s Version) berhasil terjual sebanyak 1,3 juta kopi dalam minggu pertama. Angka ini bahkan melampaui penjualan pada tahun 2014 yang hanya mencapai 1,28 juta.

Sementara itu, interaksi yang tulus dengan penggemar merupakan kunci kesuksesan Taylor. Layanan kepada penggemar yang Taylor berikan berada pada tingkat yang berbeda. Sementara penggemar lain mungkin harus membayar tiket meet and greet untuk bertemu idolanya, Taylor malah mengundang penggemarnya secara gratis ke rumahnya. 

Sebelum merilis Album 1989 (versi 2014), Taylor bahkan mengadakan ‘Secret Session’, di mana dia mengundang penggemarnya ke rumahnya untuk menikmati lagu-lagunya bersama. Bahkan, dia membuat kue untuk mereka.

Hubungan antara Manajemen Merek dan Ekuitas Merek

Praktik manajemen merek yang efektif akan berdampak langsung pada ekuitas merek. Dengan waktu, bisnis harus menerapkan strategi seperti:

  • Membangun dan memperbaiki reputasi merek.
  • Mengkomunikasikan manfaat bisnis secara efektif kepada konsumen.
  • Memberikan pengalaman yang konsisten kepada konsumen.
  • Berinteraksi dengan konsumen dengan cara yang bermakna.

Brand Equity Taylor dapat disimpulkan sebagai musisi yang autentik, dapat membangkitkan emosi, dan berpengaruh secara global karena mampu menjalin hubungan yang mendalam dengan penggemar, sehingga menciptakan loyalitas yang tak tergoyahkan.

Membangun ekuitas merek seperti Taylor bukanlah hal yang mudah dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari pendekatan Taylor. Ekuitas merek ini penting karena menjadi indikator utama kekuatan dan kinerja bisnis.

Intinya, ekuitas merek harus positif karena akan membawa banyak manfaat bagi bisnis, seperti peningkatan loyalitas pelanggan, peningkatan nilai produk/jasa di mata konsumen, dan reputasi yang baik.

Mau bangun hubungan personal dan autentik dengan klien? seperti yang dilakukan Taylor Swift dengan penggemarnya, Jangan ragu untuk menghubungi SKENA #jalanbareng. Kami siap membantu kamu.

Share This Post: