Untuk jualan, sebuah brand harus paham pasar, dengan mengikuti apa yang lagi happening di masyarakat, salah satunya dengan mengikuti momentum seperti momen kemerdekaan atau yang sering disebut 17an.
Momen kemerdekaan memang terasa cukup istimewa
karena hyping up-nya bukan hanya di tanggal 17 Agustus, tapi bisa dibilang sepanjang bulan Agustus, nuansa kemerdekaannya itu begitu kental terasa.
Hype ini yang bisa dimanfaatkan oleh brand-brand untuk membuat campaign yang bisa dikonversi sebagai sell.
Nah, buat kamu yang merasa momen perayaan kemerdekaan cuma perlu dirayakan dengan konten greetings
mungkin kamu perlu melihat bagaimana contoh brand-brand tertentu membuat campaign kemerdekaannya.
Berikut Skena rangkum beberapa brand yang punya campaign kemerdekaan yang cukup unik untuk memanfaatkan momen 17an
Memanfaatkan Digital Feature untuk Momen 17an
McDonald’s Indonesia – Momen 17an #merdekadirumah (2020)
Sebuah campaign yang cukup spesial dan unik menurut kami, menyikapi momen pandemi yang bersamaan dengan hari kemerdekaan.
Di mana masyarakat harus tetap berada di rumah, McDonald’s membuat campaign seolah memberi pesan bahwa semangat kemerdekaan tetap bisa dinikmati di mana saja, termasuk dari rumah.
Campaign ini sendiri cukup menarik dengan memberikan kode promo #Merdekadirumah untuk mendapat potongan harga pembelian melalui aplikasi
sehingga bisa meningkatkan penjualan mereka yang terdampak pandemi, dan membangun kebiasaan masyarakat untuk menggunakan aplikasi yang mereka miliki
Gojek – Momen 17an Go merdeka (2020)
Gotong royong adalah semangat utama dari campaign satu ini
dengan menawarkan diskon khusus untuk pengguna yang menggunakan layanan Go Ride untuk berdonasi makanan atau kebutuhan sehari-hari bagi mereka yang membutuhkan.
Merayakan momen kemerdekaan dengan berbagi, memperkuat unsur gotong royong yang diusung.
Vindes – Momen 17an/ Satu Tujuh-an (2022)
Vindes adalah brand terkenal dengan campaign mereka yang sangat unik dengan pendekatan yang kreatif
termasuk di antaranya bagaimana mereka bekerja sama dengan salah satu brand mobil ternama dan membuat campaign kemerdekaan.
Dengan tajuk 17an yang dibaca satu tujuh-an, campaign ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan.
Mulai dari lomba mewarnai yang submisinya dilakukan melalui sosial media untuk mendapat beberapa hadiah.
Lomba keseruan lomba 17an, yang mana mereka memberikan hadiah untuk mereka yang membagikan foto atau dokumentasi keseruan lomba 17an di sekitar mereka.
Dan rangkaian acara lomba 17an, antara beberapa artis seperti Adhisty Zara, Rachelia, Boris Bokir, Vincent dan Desta dengan beberapa Vindes Saker (Satuan Kerja)
Keseruan lomba 17an ini dibagikan dalam kanal youtube Vindes sendiri.
Skena – game AR filter
Skena sendiri, secara rutin juga turut andil dalam meramaikan perayaan kemerdekaan dengan membuat AR filter dalam bentuk permainan yang bisa dimainkan di instagram.
Mulai dari hormat bendera,. Tarik tambang, sampai balap karung, semuanya berhasil diadaptasi dalam bentuk AR filters yang seru.
Itulah dia beberapa campaign 17an yang menarik yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk bisnis kamu.
Kalau kamu tertarik, membuat campaign sejenis untuk bisnismu, kamu bisa #JalanBareng Skena dengan klik button di bawah. Ayo ramaikan momen-momen spesial bukan hanya dengan ucapan, tapi juga dengan campaign kreatif yang pastinya menarik.