Pahami Perbedaan Jenis Iklan dalam Advertisement Marketing

iklan

Tidak hanya di TV atau gadget, iklan sering kita jumpai di ruang publik, terdapat berbagai bentuk sarana periklanan di sekitar kita. Pada bidang periklanan, terdapat dua metode dalam mengiklankan bisnis di luar ruangan, yaitu OOH dan DOOH. Kedua hal tersebut adalah istilah teknis yang sering dijumpai pada metode promosi produk.

OOH adalah singkatan dari Out of Home sedangkan DOOH adalah singkatan untuk Digital Out of Home. Kedua hal ini merupakan bentuk periklanan yang memiliki tujuan yang sama yaitu sering dipergunakan untuk memperkenalkan suatu produk atau promosi kampanye bisnis.

Meskipun memiliki tujuan periklanan yang sama, strategi penggunaan OOH dan DOOH dapat menjadi tricky. Hal ini dikarenakan OOH yang bersifat tradisional sedangkan DOOH adalah bentuk perkembangan dari OOH yang mengandalkan periklanan secara digital.

Iklan OOH, akan dijumpai lebih banyak pada platform seperti periklanan retail, billboard, kendaraan, poster, dan media lainnya yang bersifat statis.

Sedangkan iklan DOOH dapat dimunculkan pada media platform yang bersifat digital seperti videotron, digital street signage, dan platform yang dapat menampilkan iklan secara digital.

Berikut adalah perbandingan pemanfaatan OOH dan DOOH:

Pada OOH advertising, brand menampilkan iklan yang straightforward sehingga memberikan brand statement yang kuat. Penampilan iklan yang statis juga memberikan durasi yang panjang bagi brand sehingga eksposur pada brand menghasilkan kesan kredibel dan brand recognition yang meningkat.

Sedangkan untuk DOOH advertising, brand dapat menampilkan iklan dengan konsep yang lebih luas dan kreatif. Hal tersebut dapat memberikan ruang bagi brand untuk menyesuaikan konteks iklan dengan target audience. Pemasangan iklan DOOH juga dapat dibuat menjadi lebih interaktif jika menggunakan teknologi platform yang mendukung seperti fitur touch screen atau kamera yang dapat tracking pada sensor.

Penggunaan iklan OOH dan DOOH pada masa kini masih sangat bersaing akibat dari perbedaan konteks kebutuhan iklan produk atau kampanye dan tempat periklanan.

Terlepas dari metode OOH dan DOOH, kampanye bisnis perlu menonjolkan kreativitas untuk menarik perhatian audiens. Ingin memiliki iklan bisnis yang noticeable dan menarik audiens? konsultasikan aja dulu dengan #jalanbareng SKENA, yuk!

Share This Post: