Digital marketing secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu organic marketing dan paid marketing. Sebagai pemilik bisnis kamu pasti bertanya, apa sih perbedaan antara organic marketing dan paid marketing? Strategi mana yang sekiranya lebih efektif untuk pertumbuhan bisnis? Nah, supaya kamu tidak bingung lagi, berikut kita akan bahas tentang paid vs organic marketing khusus buat kamu. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!
Apa Sih Paid vs Organic Marketing?
Organic marketing merupakan proses pemasaran yang mengandalkan hasil secara organik tanpa mengeluarkan biaya untuk pihak ketiga atau setidaknya mengurangi pengeluaran. Sedangkan paid marketing merupakan proses pemasaran yang mengandalkan hasil melalui iklan berbayar.
Jenis Paid vs Organic Marketing
A. Paid Marketing
1. Social Media Organic
Social media merupakan salah satu strategi pemasaran organik yang paling umum digunakan. Platform social media bisa digunakan secara gratis dengan membuat konten edukasi, informasional, dan inspiratif untuk customer atau calon customer.
2. Review Dari Customer
Review dari customer sangat berpengaruh terhadap perkembangan brand milikmu. Jika brand milikmu mendapat review yang bagus dari customer, maka kepercayaan terhadap brand milikmu akan berkembang serta menambah kemungkinan customer membantu mempromosikan brand milikmu kepada orang lain secara sukarela.
B. Paid Marketing
1. Social Media Ads
Social media ads yaitu iklan berbayar di platform social media seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, Youtube dll. Penggunaan social media ads dapat menjangkau customer yang lebih luas, karena dapat menargetkan iklan berdasarkan demografi (umur, gender, domisili dll) dan ketertarikan mereka. Hal ini juga sangat berguna jika brand milikmu ingin menargetkan pengguna social media dengan karakteristik tertentu.
2. Influencer/Kol
Saat ini influencer/KOL marketing terus mengalami peningkatan secara terus menerus, banyak pemilik bisnis baik itu skala kecil maupun besar memanfaatkan teknik marketing ini. Influencer/KOL marketing memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan suatu brand, bahkan biasanya dapat meningkatkan trend penjualan yang luar biasa.
Baca Juga: Hati-Hati Blunder! Ini Dia Step By Step Menggunakan Jasa Kol
Strategi Mana yang Lebih Menguntungkan Paid vs Organic Marketing?
Kedua strategi marketing ini sama-sama memiliki keunggulan, jadi jika dikatakan mana yang lebih menguntungkan? Jawabannya adalah tidak ada. Untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal kamu bisa menggabungkan kedua strategi ini, karena organic marketing bisa digunakan untuk membangun loyalitas customer dan paid marketing bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan customer baru.
Maka dari itu Skena hadir membantu untuk memudahkanmu menjalankan marketing strategy dari bisnismu, baik dalam penggunaan metode paid vs organic marketing. Jika ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa langsung menghubungi kami dengan klik tombol di bawah ini!