Pemerintah Pakai Creative Agency, Emang Boleh?

pemerintah

Meskipun kebijakan pemerintah sudah pasti memiliki dampak kepada masyarakat akan tetapi kebijakan pemerintah memiliki tantangan untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat.

Seiring berkembangnya teknologi semakin tersedia berbagai macam platform yang dapat digunakan pemerintah.

Adanya jasa creative agency dapat memaksimalkan upaya pemerintah untuk melakukan proliferasi kebijakan kepada masyarakat umum.

Masyarakat Singapura terkenal memiliki tingkat kepatuhan hukum yang tinggi. Hal ini dibuktikan melalui report survei “Global Law and Order 2022 report” oleh Gallup yang menempatkan Singapura dengan index score 96 sebagai negara yang aman dan taat aturan hukum.

Dalam mencapai hal tersebut, salah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintah Singapura adalah membuat iklan layanan publik yang dapat memberi awareness dan mengedukasi masyarakat tentang isu sosial dan kebijakan pemerintah.

Pemerintah Singapura kemudian berkolaborasi dengan beberapa creative agency yang akan membantu dalam menginisiasi beberapa jenis kampanye layanan publik dari berbagai instansi pemerintah.

Berdasarkan I Concept Innovation Pte Ltd, salah satu creative agency yang berkolaborasi dengan pemerintah Singapura, beberapa bentuk peran yang creative agency lakukan dalam kerja sama ini adalah:

Campaign Strategy, Creative Conceptualisation, Digital Creatives & Content, Digital Marketing & Social Media Strategy, Website Design & Development, Editorial & Copywriting, Infographics, Live/2D Video Creative Conceptualisation and Development, Print Advertising, Below-the-Line Marketing Collaterals, dan Out-of-Home Advertising.

Hal yang mencolok dari kerja sama antara pemerintah Singapura dan creative agencies adalah menciptakan iklan layanan publik melalui format “edutainment” melalui berbagai macam platform di sosial media seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan sebagainya.

Beberapa iklan layanan masyarakat Pemerintah Singapura yang dirilis di YouTube:

Pemerintah Singapura juga aktif dalam memproduksi konten di TikTok, di mana format “edutainment” memberikan kesan positif dan edukatif kepada audiens tidak hanya pada warga negara Singapura akan tetapi memberi juga kesan kepada masyarakat luar Singapura mengenai Singapura.

Pemerintah Singapura menyadari perkembangan teknologi dan kultur generasi yang menjadi masa depan Singapura. Hal tersebutlah yang mendorong pemerintah bekerja sama dengan creative agencies untuk memformulasikan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Kamu juga ingin menjalankan kampanye kreatif dan edukatif? ayo berkolaborasi dengan #jalanbareng SKENA. Klik tombol di bawah untuk terhubung dengan SKENA.

Share This Post: