Perkuat Brand Identity di Era Digital Dengan User Generated Content (UGC)

user generate content

Pada era digital, orang-orang mudah sangsi ketika ingin belanja suatu produk. Ada banyak pertimbangan sebelum menekan tombol ‘check-out’. Lalu bagaimana cara supaya produk kita bisa menarik perhatian di Internet? mulailah investasi pada User Generated Content (UGC) atau Konten Buatan Pengguna (KBP).

UGC adalah konten yang dibuat oleh customer yang telah membeli dan mencoba produk lalu dibagikan pada platform pribadi mereka. Singkatnya sih, promosi mulut ke mulut versi digital.

Salah satu dampak dari UGC adalah identitas brand yang semakin kuat. Biasanya melalui UGC, orang-orang semakin yakin terhadap reliabilitas dari suatu produk. Semakin sering UGC terproduksi maka semakin luas jangkauan audience dan konten positif UGC ini membantu membentuk identity brand yang kuat.

Ada beberapa macam UGC, seperti: 

  • Review dan rating produk
  • Diskusi di forum online
  • Tulisan blog
  • Foto atau video di sosial media
  • Review dari influencer
  • Live streaming

Brand perlu memanfaatkan dampak dari UGC ini dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Berinteraksi dengan konten yang menampilkan produk kamu seperti like, komen, atau repost konten di sosial media brand kamu.
  2. Tampilkan UGC berupa rating dan ulasan di landing page
  3. Apabila ada konten UGC yang menarik perhatian atau viral, berilah apresiasi lanjutan.
  4. Buatlah konten yang memicu UGC seperti mini contest dan giveaway

Pemakaian UGC perlu dimanfaatkan secara maksimal karena dapat memperkuat brand identity kamu. Di dunia digital ini, hubungan antara brand dan user sangat penting agar brand kamu dapat direkomendasikan oleh banyak orang.

Pengen brand kamu bisa trigger banyak UGC? Yuk, #jalanbareng SKENA biar brand kamu makin menarik di mata calon customer. Klik link di bawah ya!

Share This Post: