Key Opinion Leader adalah seseorang yang dipercaya dan dihormati akan suatu bidang dan pengalaman yang telah terbukti sehingga dipercaya dapat menggiring / menimbulkan opini publik. Pada artikel ini kita akan membahas terkait Statistik KOL Marketing.
Mungkin kamu masih bertanya-tanya, emang apa benefitnya brand saya menggunakan jasa KOL ?
Ilustrasinya begini, bayangkan kamu menerima rekomendasi barang dari 2 orang.
Orang pertama adalah seorang stranger dari social media dan orang kedua adalah orang yang telah expert di bidangnya. Kira-kira kamu lebih percaya yang mana ?
Tentunya kamu akan lebih percaya rekomendasi yang diberikan oleh orang kedua.
Ilustrasi kedua begini, bayangkan kamu adalah anak sekolahan dan punya 2 orang teman yang sama-sama jualan nasi kuning di kantin.
Teman yang pertama ini selalu menceritakan tentang dagangannya, setiap saat ketika lagi nongkrong bersama pasti ada saja ucapan, “nasi kuningku enak banget loh, cobain deh”. Sedangkan teman yang kedua ini dagangannya selalu direkomendasikan oleh orang lain.
Kira-kira kamu sebagai seorang pembeli akan lebih prefer membeli nasi kuning yang mana ? saya yakin jawaban kita pasti sama.
baca juga : Tips Social Media by Skena
Itulah ilustrasi sederhana terkait bagaimana benefit yang akan diterima oleh brandmu apabila menggunakan jasa KOL.
Masih belum yakin apa benefit dari KOL ? berikut Skena lampirkan datanya yang didapat dari influencermarketinghub.com
Ini dia statistik KOL yang Wajib Kamu Tahu
- Industri KOL Marketing tumbuh menjadi sekitar $16,4 Miliar pada tahun 2022
- Platform yang berfokus pada KOL Marketing mengumpulkan lebih dari $800 juta dalam pendanaan pada tahun 2021 saja, sebuah indikasi pertumbuhan industri yang signifikan.
- Jumlah pengguna jasa KOL marketing tumbuh sebesar 26% pada tahun 2021 saja, itu mencapai 18.900 perusahaan yang menawarkan atau berspesialisasi dalam layanan KOL marketing
- Penipuan influencer Instagram telah menurun selama beberapa tahun terakhir.
- Lebih dari 75% brand mengalokasikan anggaran untuk KOL Marketing pada tahun 2022
- 68% marketers berencana untuk meningkatkan budget KOL Marketing mereka pada tahun 2022.
Nah, udah taukan gimana benefit menggunakan jasa KOL. sekarang gimanasih cara untuk bekerjasama dengan KOL ?
Sebenarnya untuk hal ini itu ada 2 cara.
- Menggunakan jasa management KOL dari Agency marketing
- Brand langsung menghubungi KOL
Salah satu Agency Marketing yang bisa kamu hubungi adalah Skena Creative Agency.
Skena telah me-manage KOL dari beberapa brand seperti Gojek, Khya, Kaulah, dan masih banyak lagi. Bisa kamu lihat detailnya disini
Untuk yang cara kedua, bagaimana step-step kerjasama dengan para KOL akan dibahas pada artikel berikutnya, jadi staytuned ya!
Untuk menghubungi Skena terkait jasa KOL Management kamu bisa klik button dibawah ini !
CLICK HERE