Ternyata, cari masalah bisa buat marketing bisnismu ramai! Begini caranya..

Masalah dalam bisnis

Udah coba pakai strategi marketing tapi bisnis kamu masih sepi?? Kayaknya kamu harus perbaiki strategi dengan mencari masalah!

Secara umum, marketing adalah sebuah proses komunikasi yang dilakukan sebuah brand atau produk untuk menarik atensi konsumen sehingga tercipta suatu tindakan pembelian. 

Tapi gimana sih strategi yang benar biar konsumen mau beli produk kita? Mungkin pertanyaan ini yang selalu muncul di benak kamu.

Perlu kamu garis bawahi kalo marketing itu mengangkat kebutuhan.

Bagaimana konsumen akan membeli produk atau menggunakan jasa kamu jika mereka tidak butuh? adapun cara untuk membuat orang butuh adalah ketika kamu melakukan proses marketing,  kamu harus berangkat dari sebuah masalah. prosesnya kalau digambarkan mungkin akan seperti ini:

Memunculkan Masalah —-> Beri solusi —-> Dorongan Tindakan

Kenapa sih harus berangkat dari sebuah masalah?

Ketika kamu berkeinginan menjalankan bisnis, tentu terdorong karena ada sebuah masalah yang kamu lihat, sehingga kamu terdorong membuat bisnis untuk menjadi solusi dari masalah itu. 

For example! Brand pasta gigi sensodyne, pasti tau kan? brand ini pernah merilis iklan dengan menampilkan cerita konsumen pasta gigi yang kalo lagi arisan itu selalu kehilangan moment kebersamaan, karena pas dia lagi makan es krim bareng teman-temannya muncul masalah gigi ngilu. Akhirnya dia beralih menggunakan pasta gigi sensodyne, dan masalah gigi ngilunya pun hilang!

Bisa dilihat bahwa sensodyne menggali sumber masalah dan dijawab dengan solusi yang dikemas menjadi cerita menarik.

So, ketika kamu fokus pada pemecahan masalah atau kebutuhan konsumen hal ini bisa membantu bisnis kamu untuk membedakan diri dari pesaing dan mendorong konsumen buat mengambil tindakan pembelian karena sebuah kebutuhan.

Jangan fokus pada bagaimana konsumen “mau” membeli produk.

Ketika kamu melakukan marketing jangan fokuskan pada bagaimana cara konsumen “Mau” untuk membeli produk atau menggunakan jasa kamu, tetapi fokus pada bagaimana konsumen “Butuh” dengan produk atau jasa kamu. Karena jika seseorang butuh sudah pasti mau, tetapi mau belum tentu butuh.

Nah kalo kamu masih bingung mengidentifikasi strategi ini kamu bisa ikut #jalanbareng skena, biar kami bantu upayakan strategi marketing yang buat bisnismu stands out!

Klik Button di Bawah ini!

Share This Post: