Viral Marketing Jadi Strategi Social Media, Baik atau Buruk?

kupas tuntas strategi viral marketing

Apa itu viral marketing?

Viral marketing adalah cara menyebarkan informasi suatu produk atau brand melalui internet atau social media dalam waktu singkat dengan cara mengikuti trend yang sedang dicari atau disukai oleh audiens, secara tidak langsung cara ini sangat impactful memengaruhi brand awareness. Oleh karena itu, strategi ini sangat bergantung terhadap social media dan bagaimana cara kamu mengolah topik yang sedang trending

Baca Juga: Penting! Ini Metrics Social Media Yang Wajib Kamu Ukur

Kelebihan viral marketing

Suatu teknik marketing tentu memiliki kelebihan yang membuatnya banyak diikuti, strategi ini sendiri memiliki kelebihan yaitu:

1. Menjangkau audience yang lebih luas

Salah satu kelebihan dari viral marketing adalah jangkauan audiens yang luas. Hal ini karena hilangnya filter audiens saat sebuah konten menjadi viral sehingga bisa dijangkau menembus batasan lapisan audiens sampai lokasi. Selain itu inisiatif audiens untuk membagikan konten yang mereka sukai tanpa diminta secara tidak langsung akan memperluas pemasaran brand kamu.

2. Hemat budget marketing

Kelebihan lainnya yaitu adanya exposure gratis dari audiens dan media, secara budget tentu akan jadi lebih hemat karena hanya mengunggah konten yang menarik di social media.

3. Meningkatkan brand awareness

Viral marketing sangat berpengaruh terhadap peningkatan brand awareness, karena dengan konten kamu yang sudah trending dan banyak dibagikan oleh audiens. Jika kamu bisa riding the wave dengan baik dan membuat konten yang informatif, Secara tidak langsung brand milikmu akan menjadi perbincangan dan akan lebih dikenal.

Kekurangan viral marketing

Strategi ini juga memiliki kekurangan dan akan berdampak buruk jika tidak kamu perhatikan, berikut kekurangannya:

1. Trend yang Cepat Berubah

Kekurangan yang pertama yaitu cepatnya sebuah trend berubah, menggunakan strategi ini artinya kamu harus siap dan konsisten untuk menangkap serta mengikuti perubahan trend di social media. Segala perubahan ini harus bisa kamu tanggapi dengan baik, sangat penting bagimu untuk terus melakukan research dan terbuka untuk terus beradaptasi setiap harinya.

2. Keberhasilan 50 banding 50

Trend yang cepat berubah dan konten yang harus sensasional merupakan tantangan keberhasilan strategi viral marketing, belum lagi dengan hilangnya filter audiens, bisa jadi kontenmu dilihat oleh audiens yang tidak sesuai dan hasilnya bisa berdampak negatif untuk perusahaanmu.

Tips menggunakan strategi viral marketing

Untuk membantumu menggunakan strategi ini, berikut tips yang bisa kamu gunakan:

  1. Kamu harus memanfaatkan trend di social media, kamu bisa membuat konten yang sejenis dengan trend dan tambahkan hastag yang relevan.
  2. Pahami karakteristik audiens, apa yang banyak dicari audiens sehingga peluang konten kamu dibagikan semakin besar.
  3. Jangan berhenti dengan satu campaign, terus pertahankan keterlibatan audiens dan interaksi  agar dapat mengirimkan umpan balik atau mengajukan pertanyaan. 
  4. Kamu bisa menggunakan jasa konsultan marketing atau agency agar konten yang kamu buat selalu konsisten dengan trend yang cepat berubah di social media.

Skena merupakan salah satu agency yang sangat kompeten dan bisa kamu ajak kerjasama untuk memudahkanmu menjalankan strategy viral marketing di sosial media. Jika kamu tertarik, silahkan tekan tombol dibawah ini!

Share This Post: