Seasonal Marketing, Solusi Untuk Masalah Penjualan Bisnismu!

Strategi Marketing

Seasonal marketing adalah strategi pemasaran yang disesuaikan dengan momen-momen spesial sepanjang tahun. Hal ini mencakup penggunaan tema, pesan, dan promosi yang disesuaikan dengan momen tersebut.

Contoh momen-momen musiman yang sering dimanfaatkan dalam seasonal marketing diantaranya:

  • Hari raya besar (Natal, Idulfitri, Imlek, dll)
  • Musim (kemarau, penghujan, panas, dingin)
  • Liburan sekolah
  • Event nasional (Hari Kemerdekaan, Hari Olahraga Nasional)

Strategi seasonal marketing dapat mencakup berbagai elemen, yaitu:

  • Desain dan kreativitas: Penggunaan warna, gambar, dan desain yang sesuai dengan momen untuk menciptakan materi pemasaran yang menarik dan relevan.
  • Promosi dan penawaran khusus: Menyelenggarakan penawaran promosi, diskon, atau paket spesial yang terkait dengan momen-momen tertentu untuk mendorong pembelian.
  • Konten dan pesan: Menciptakan konten yang berfokus pada sebuah momen dan menyampaikan pesan yang sesuai dengan suasana hati atau kebutuhan konsumen pada waktu tersebut.
  • Interaksi sosial media: Memanfaatkan platform media sosial dengan baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Pada intinya,seasonal marketing memanfaatkan kebiasaan dan perilaku belanja konsumen yang cenderung berubah di momen-momen tertentu, oleh karena itu kamu harus merencanakan semuanya dengan matang.

Salah satu contoh brand yang kerap memanfaatkan seasonal marketing dalam bisnisnya adalah:

Gojek: Memberikan promo dan cashback menarik untuk layanan transportasi, pesan-antar makanan, dan GoPay pada momen-momen spesial seperti Hari Raya dan Hari Kemerdekaan, yang terbukti meningkatkan jumlah pengguna dan transaksi. 

Pada Hari Raya Idul Fitri 2023, Gojek  berhasil meningkatkan jumlah pengguna baru sebesar 10% karena memberikan promo dan cashback menarik untuk layanan transportasi, pesan-antar makanan, dan GoPay. 

Pada Hari Kemerdekaan Indonesia 2023: Gojek meluncurkan kampanye #PastiAdaJalan.Tidak hanya penawaran menarik, gojek juga menyajikan berbagai konten kreatif dalam kampanye ini.

Gojek membagikan berbagai kisah menarik drivernya, memberikan voucher undian bagi pengguna untuk berkesempatan memenangkan berbagai hadiah.

Gojek juga  mengadakan lomba Video bertajuk #PastiAdaJalan Jadi Andalan!, dan merilis video kreatif untuk kegiatan mitra driver dan mitra usaha di seluruh Indonesia.

Hal ini berhasil membawa gojek menghasilkan peningkatan awareness terhadap kampanye ini sebesar 20%.

Baca juga! Contoh konten seasonal marketing

Seasonal marketing akan lebih efektif jika disertai dengan kreativitas yang baik. Sehingga bisa membantu bisnis kamu untuk meningkatkan penjualan, brand awareness, dan loyalitas pelanggan.

Bisnismu akan mencapai puncak keuntungan di momen-momen spesial sepanjang tahun kalau mampu menerapkan strategi ini dengan tepat dan kreatif. 

Nah, kalau kamu tertarik untuk memanfaatkan seasonal marketing, kamu bisa #Jalanbareng Skena yang sudah siap dengan segudang ide kreatif untuk bantu bisnismu manfaatkan tiap momen buat maksimalin marketing bisnismu. Langsung aja klik tombol di bawah!

Share This Post: